DUBROVNIK SI CANTIK DI TEPI LAUT ADRIATIK (Kroasia 1)

 

 

RIXOS Hotel – Dubrovnik

Old Town dari atas Bukit, jalan rayanya.

Old Town – Dermaganya

Old Town from outside

Front gate

Cathedral

Inside Old Town

Inside Old Town

Harbour View

Harbour View

OLD TOWN FORT

 

Dari Zagreb ibukota Kroasia ke Dubrovnik hanya 1 jam dengan pesawat.  Dengan mobil kami melewati jalan diatas perbukitan yang berkelok-kelok bersebelahan dengan  laut,  kota Dubrovnik terlihat gemerlapan oleh cahaya lampu dari rumah  dan kapal, cantik sekali…

Hotel kami terletak dibawah bukit ditepi laut.  Namanya RIXOS Hotel,  berbintang lima, bergaya minimalis, luas sekali dengan fasilitas lengkap dan mewah.  Hotel ini pernah mendapat Penghargaan Star Diamond Award. Ini adalah salah satu Hotel Terbaik, Terluas yang pernah saya kunjungi.  Bermacam bangsa menginap disini, hampir semua warna kulit kelihatan disana.    Nama hotel ini juga disebut-sebut  dalam Revolusi Libya sebagai Markas para Jurnalis yang berkumpul di Tripoli Ibukota Libya. Grup Hotel Resor yang berbasis di Turki.                                                                                               

Saát ini bukanlah musim liburan, sehingga mereka memberikan harga promosi sambil renovasi.     Diantara tamunya yang tidak banyak itu  ada sekelompok Ibu-ibu setengah baya dari Canada yang sudah tinggal disana selama dua minggu,  kontras sekali dengan Grup Tur dari Jepang yang hanya menginap tiga malam. Yang sama dari mereka adalah sama-sama pensiunan.

Suatu ketika di Lift saya bertemu dengan  tiga ibu yang sudah berumur mendekati 70  tahun yang berdandan  tidak kalah dengan gadis muda malah melebihi. Full Make-up dengan aksesoris lengkap tapi tidak terlihat norak sedikitpun.  Malah mereka  terlihat cantik, lincah dan   bersemangat tidak seperti nenek-nenek susah jalan.   Wangi ….. lagi!   Coba tebak dari mana mereka berasal?  Saya yang sudah dari tadi  penasaran  akhirnya bertanya: darimana asal mereka?  Pertanyaan biasa yang sering ditanyakan kepada sesama pelancong.  Dan seperti yang saya duga jawaban mereka adalah:  dari Paris,  kota romantis di Perancis.  Pantas…..

Dubrovnik adalah destinasi wisata  yang sangat terkenal di dunia.  Orang-orang datang kesini hanya untuk bermalas-malasan, berjemur, baca buku, berenang, makan, minum dan  tidur.    Jadi banyak hotel ditepi laut menyediakan fasilitas lengkap untuk sang tamu, sehingga mereka tidak perlu keluar,  cukup beraktifitas disekitar hotel saja. Beruntunglah  kami  karena  halaman belakang hotel yang luas menghadap ke laut lepas, bisa sekedar duduk-duduk atau berenang di kolam renang.

OLD TOWN

Ada satu tempat yang tidak boleh lupa dikunjungi, yaitu Old Town.  Kota tua yang dikelilingi tembok tebal persis ditepi laut.  Untuk masuk kedalam kota ini harus melewati jembatan yang dapat ditarik kearah tembok benteng,  persis seperti dalam cerita dongeng.  Dibelakang kota terdapat gerbang yang menghadap ke laut, disinilah tempat kapal pesiar kecil ditambatkan. Suasananya membawa kita ke jaman Pirates of the Carribean, benar-benar kuno dan unik, susah dicari tandingannya.  Disini terdapat rumah tinggal, hotel, toko,  cafe, musium,  gereja, dan  masjid,apartemen yang bahkan bisa disewa.

Jangan  pula  lupa mencoba kulinernya yang  merupakan perpaduan Eropa Tengah dan Mediterania.

Ah… seandainya kami bisa berlama-lama di Dubrovnik, si cantik ditepi laut Adriatic…

 

1 Comment »

  1. Fiera Said,

    January 19, 2014 @ 9:06 pm

    Waaah kereeeen banget. Aku kudu kesana kalau udah gede. Orang di Kroasia ramah-ramah gak mas? ^^

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a Comment

*